Pengertian Dan Cara Menghitung Rabat (Diskon), Bruto, Tara Dan Neto

Tuesday, May 31, 2016

1. Rabat (Diskon)
Rabat merupakan potongan harga atau lebih sering dikenal dengan istilah diskon. Yang biasanya banyak swalayan menggunakannya untuk menarik konsumen datang ke toko mereka. Pada contohnya ketika menjelang hari besar, hari raya idul fitri misalnya, pastinya banyak swalayan yang menggelar diskon untuk berbagai kebutuhan, baik makanan, pakaian, dll. Dan biasanya rabat (diskon) ini diperhitungkan dengan persen. Dalam pemakainnya terdapat perbedaan istilah antara rabat dan diskon. Istilah rabat digunakan oleh produsen kepada grosir, agen, atau pengecer. Sedangkan istilah diskon digunakan oleh grosir, agen, atau pengecer kepada konsumen.
Perhatikan contoh dibawah ini.
Seseorang membeli baju di toko Berkah seharga Rp 85.000,00. Toko tersebut memberikan diskon 20% untuk setiap pembelian. Berapakah uang yang harus ia bayar?
gb11






Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa
Harga bersih = harga kotor – rabat (diskon)
dimana :
harga kotor adalah harga barang sebelum dipotong rabat (diskon)
harga bersih adalah harga barang sesudah dipotong rabat (diskon)

2. Bruto, Tara dan Neto
Perhatikan contoh kasus berikut yang akan mempermudah dalam kita memahami pengertian dari bruto, tara dan neto. Misalnya setiap kali temen-temen membeli makanan kecil, berat barang yang temen-temen beli merupakan berat kotor, artinya berat makanan kecil ditambah berat kemasannya. Berat kemasan barang seperti plastik, karung, kertas disebut tara. Dan berat barang beserta kemasannya disebut berat kotor atau bruto, sedangkan berat barangnya saja disebut berat bersih atau neto. Dengan demikian dapat disimpulkan sebagai berikut.
Bruto = neto + tara
Neto = bruto – tara
Tara = bruto – neto
Jika yang diketahui persen tara dan bruto, maka temen-temen dapat mencari tara dengan rumus sebagai berikut.
Tara = persen tara x bruto
Untuk menentukan harga bersih setelah memperoleh potongan berat (tara) dapat dirumuskan sebagai berikut.
Harga bersih = neto x harga/satuan berat
perhatikan contoh dibawah ini.


gb12





Mudah-mudahan penjelasan singkat mengenai Rabat (Diskon), Bruto, Tara dan Netto ini dapat membantu temen-temen dalam menyelesaikan soal matematika yang berhubungan dengan materi ini. Dan semoga kita semua makin mengenal matematika, karena seperti kata pepatah tak kenal maka tak sayang.. kenalan lebih dalam yu sama matematika..

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment